Monday, July 2, 2018

Review Buku "Manajemen Pelayanan Publik" oleh : Nandis Adilah

Tags


REVIEW

BUKU “MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK”

Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Azaz-Azaz Manajemen
Yang Dibina Oleh Hayat, S.AP, M.Si


Oleh :

Nandis Adilah (21701091116)
Kelas Negara II D

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
2018


MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Pelayanan publik merupakan suatu pelayanan yang berupa jasa seseorang tersebut untuk melaksanakan tugasnya sebagai pemerintah untuk menyelenggarakan serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya untuk kepentingan bersama, pelayanan ini sangat penting bagi masyarakat karena dengan adanya pelayanan publik semua masalah yang ada pada kepemerintahan atau bahkan juga sampai ke masyarakat bisa mengakibatkan dengan adanya pelayanan publik juga bisa membuat masyarakat lebih bisa terpenuhi tingkat kinerja pemerintahannya apalagi kalau pelayanan publik tersebut telah memberikan pelayanan secara lebih baik dengan benar dan juga memberikannya dengan sama rata untuk masyarakat, cara supaya masyarakat bisa menerima suatu pendapat dan menerima pelayanan tersebut seharusnya dalam menentukan dan jalannya proses pelayanan tersebut supaya bisa menjadi lebih efisien harus ada aparatur pemerintahan dalam melakukan proses pelayanan publik tersebut.

Pengertian pelayanan publik sendiri memiliki pengertian yaitu suatu proses yang bekerja melalui seseorang dalam melaksanankan tugasnya sebagai aparatur pemerintahan yang tugasnya sebagai pelayanan publik yang dalam memenuhi tugas-tugasnya sebagai pelayanan harus sama dan harus pasti dalam menanganinya, karena masyarakat membutuhkan pelayanan dengan baik maka dari itu tugas dan tujuan dari seorang pelayanan harus memenuhi dan bisa membatu masyarakat yang membutuhkan serta memberi tanganan dengan baik. Dalam melaksanakan pelayanan publik, ada juga yang mengatakan kalau melakukannya tersebut harus bertanggung jawab atas yang dilakukannya karena semua tanggung jawab dan yang menanaggung semuannya adalah pelayanan tersebut.

Pelayanan publik dalam melakukan dan melaksanakan kegiatan sepertihalnya melayani semua masyarakat yang membutuhkan dan kebutuhan tersebut juga sangat berpengaruh kepada masyarakat yang lainnya begitu juga sebaliknnya, Dengan memberikan suatu pelayanan secara dengan baik dan gak mau siaa-sia atau tidak begitu lambat prosesnya yaitu harus ada pemerintahan yang ikut serta dalam bekerjasama dan juga harus bertanggung jawab atas semua yang dilakukannya supa pelayanan tersebut berjalan dengan baik dan benar. Maka dari itu kinerja apartu pemerintah juga harus berpatisipasi dalam tugas-tugas dan wewenang-wewenang yang diberikan kepada masyarakat supaya untuk memberikan pelayanan secara efektif dan efisien.

Manajemen sendiri memiliki arti yaitu suatu organisasi dalam bentuk untuk kepentingan bersama dan kegiatan tersebut sangat berguna untuk kelangsungan atau suatu proses untuk melakukan suatu organisasi dalam bentuk manajemen, karena manajemen adalah proses kegiatannya sedangkan para organisasinya yaitu dorongan supaya terciptannya proses tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar. Proses manajemennya sendiri harus menjalankan dengan beberapa orang atau dengan suatu organisasi karena manajemen dan organisasi sangat penting dan masih sangat membutuhkan satu sama lain dan mereka berkerjasama dalam melakukan suatu proses dengan adannya organisasi manajemen bisa melaksanakan suatu prosestersebut dengan baik dan benar kedua-duannya ini sangat penting bagi masyarakat maupun lainnya karena butuh ada ketelitian untuk melakukan dalam bertugas sebagai organisasi yang membangun secara lebih baik.

Untuk mengoptimalkan pelayanan publik harus ada kinerja yang dilakukan oleh kepemerintahan tersebut diupayankan untuk melakukan suatu proses kinerjannya bagaimana karena kinerja tersebut menyangkut semua proses-proses yang ada di pelayanan peblik tersebut. Kinerja juga digunankan untuk mengontrol suatu masalah-masalah yang terdapat pada permasalahan tersebut dan kinerja sendiri memiliki arti yaitu suatu pekerja yang melakukannya dalam sebuah berkelompok atau sendiri-sendiri sehingga kinerja sendiri sangat berpengaruh bagi masyarakat untuk melakukan suatu tindakan yang baik. Bentuk kinerja menyerupai pelayanan yang diberikan secara tidak lamban dan sangat spontan dalam melaksanakan suatu tugasnya dengan baik, karena maksutnya yaitu memberikan suatu sumber daya pada masyarakat secara lebih baik lagi dan efisien serta harus bertanggung jawab.

Dengan adanya good governance atau yang dimaksud dengan kepemerintahan yang baik ini aktivitas dan rutinitas pada pelayanan publik semakin membaik karena kualitas pelaksanaan yang diberikan dengan baik dan benar karena dengan mereka saling membutuhkan satu sama lain, sehingga masyarakat menerimanya dengan sangat puas karena telah memberikan pelayanan publik untuk masyarakat ini karena bisa meningkatkan kualitas kinerja yang baik. Dan karena ada hubungan komunikasi antara aparatur kepemerintahan ini bisa menjadikan perubahan pelayan an public menjadi lebih efisien terhadap kindisi apapun yang dimilikinya serta dengan adanya komunikasi tersebut bisa lebih memudahkan untuk berintweraksi kepada masyarakat untuk menyalurkan bantuannya kepada masyarakat.

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia dan Komunitas Blogger Indonesia.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.

Terima kasih untuk Komentar dan Testimoni dari Anda...
EmoticonEmoticon