Tuesday, July 3, 2018

Review Buku "Manajemen Pelayanan Publik" oleh : Jaleha Juliasti Selano

Tags



Review Buku "Manajemen Pelayanan Publik"
oleh : Jaleha Juliasti Selano (21701091138)

Hello readers, untuk memulai membaca artikel ini sebelumnya saya akan basa basi sedikit terlebih dulu. Saya adalah seorang Mahasiswi di kampus Universitas Islam Malang Jurusan Ilmu Administrasi Negara yang sekarang semester 2 dan sebentar lagi akan memasuki semester 3. Pasti pada bertanya kenapa sih memilih jurusan tersebut? jawabannya karena saya sangat suka sekali belajar mengenai Kenegaraan. Padahal nih ya kalau boleh jujur saya ini waktu SMA mengambil jurusan IPA loh bukan IPS, hihi. Awalnya orang tua dan keluarga sempat tidak setuju dengan keputusan yang saya ambil mereka lebih mengarahkan saya kepada jurusan kesehatan tetapi, yah mau gimana lagi takdir membawa saya kepada jurusan Administrasi Negara yang tentunya berbaur IPS. So, jalani saja yah, toh masa depan untuk sukses atau tidak ditangan Sang Khaliq jadi jalani aja tetapi jangan lupa untuk selalu semangat dalam pendidikan dan berusaha. Okey readers segitu saja basa-basinya because ini bukan soal curhatan pribadi, hehe.

Ohiya, saya sebagai salah satu mahasiswi Unisma ditugaskan oleh seorang Dosen Bapak Hayat S.AP, M.Si untuk membuat artikel review buku beliau tentang Manajemen Pelayanan Publik. Pertama-tama, saya sangat bangga menjadi mahasiswinya karena beliau dikenal sebagai sosok yang tegas dan very very inspiration. So, buku yang ditulis oleh beliau ini banyak sekali materi-materi menarik, berkualitas dan pastinya bermanfaat. Apalagi materi yang ada didalam buku itu, sangat membantu pola berfikir mahasiswa/mahasiswi sekarang terutama saya sendiri supaya menjadi lebih cerdas dan cemerlang. Dengan begitu, sehingga kedepannya dapat memanajemen dalam segala hal dan segala sesuatu dengan efektif dan efisien.. Apalagi berkaitan saya ingin bercita-cita kedepannya menjadi seseorang yang berprofesi sebagai Manager dari suatu Perusahaan, atau terjun ke dunia politik dan bisa menjadi anggota DPR , hehe banyak yah Aminin dan doakan ya . Oleh karena itu, disaat yang sekarang saya harus mempersiapkan diri dengan benar-benar matang contohnya membaca buku seperti Manajemen Pelayanan Publik dan selalu terfokus agar apa yang saya impikan kedepannya dapat terwujud dengan baik.

Berbicara mengenai organisasi, dalam suatu organisasi ataupun perusahaan pastinya selalu menginginkan organisasi tersebut berjalan dengan lancar sesuai tujuan dan menjadi organisasi yang sukses. Oleh karenanya, orang-orang yang ada didalamnya harus memunyai cara kinerja yang bagus, baik, maksimal agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam organisasi itu. Manajemen harus ada didalam organisasi, tanpa adanya manajemen didalamnya organisasi atau perusahaan tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal dan sempurna. Sebab, manajemen sangat berkaitan erat dan tidak pernah terpisahkan dengan organisasi. Dan bukan saja dalam organisasi atau perusahaan, melainkan dalam kehidupan sehari-hari saja pun manajemen sangat diperlukan agar dapat mengatur kehidupan seseorang dengan teratur, tepat, baik, sesuai, terarah atau maksimal. Karena manajemen ini berarti mengatur. Oleh karena itu, sangat penting sekali kehadirannya. Do not be like me, always present but not considered important. Haha malah curhat, sorry supaya jangan terlalu serius 

Okey readers, berikut ini saya akan memberikan contoh tentang memanajemen dalam suatu pelayanan publik dengan secara baik dan efektif. Misalnya, dalam dunia perkantoran untuk menjadi seseorang yang bertugas atau yang berprofesi didalam bidang administrasi tidaklah mudah. Sebab, harus melayani maupun mengatur segala kepentingan yang berkepentingan dengan bidang administrasi dengan baik dan maksimal. Agar apa yang diberikan dapat menyenangi hati para masyarakat. Dengan demikian, seseorang yang terlibat didalam bidang administrasi harus benar-benar memberikan pelayanan yang disukai oleh masyarakat, harus dengan sabar memberikan pelayanan, harus selalu menunjukkan perkataan-perkataan yang baik dalam arti tidak menimbulkan emosi, tidak menunjukkan dampak-dampak buruk, tidak memberikan tindakan yang bertentangan dengan aturan.

Maka dengan segala attitude itu dijaga dan selalu dipelihara sehingga masyarakat yang menerima pelayanan akan segan dan selalu mempunyai rasa respect kepada kita sebagai yang memberikan pelayanan. Serta kita tahu bagaimana menempati hal-hal yang memang menjadi tugas atau kewajiban kita sebagai yang memberikan pelayanan. Jangan hanya sewenang-wenang dan jangan lebih mementingkan kepentingan pribadi atau menerima berbagai sogokan-sogokan yang diberikan karena itu merupakan suatu pelanggaran yang benar-benar tidak sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Jadi, dalam dunia Manajemen Pelayanan Publik harus benar-benar memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi masyarakat.

Menurut saya, dalam dunia pelayanan di Negara kita Indonesia sepertinya masih memberikan pelayanan yang dikatakanlah masih cukup baik lah masih belum efisien. Karena kebanyakan banyak pelayanan didaerah-daerah yang ada di Indonesia masih memberikan pelayanan yang benar-benar kurang memuaskan masyararakat Indonesia secara keseluruhan. Pasti ada saja kesulitan-kesulitan yang terjadi meskipun kita sebagai masyarakat sudah menjalankan syarat-syarat atau aturan-aturan yang telah diberikan. Apalagi dalam pembuatan E-KTP problem ini pasti ada saja alasan-alasan dari yang memberikan pelayanan yang kurang memuaskan. Sebenarnya sebagai seorang pemberi pelayanan yang baik harus memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Tetapi, pada kenyataannya belum sepenuhnya. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengeluh dari ketidakpuasaan pelayanan yang diterima. Dengan demikian, menurut saya, kemungkinan kedepannya harus ada peningkatan kualitas kerja yang baik dari sorang pelayanan publik yang ada di Indonesia ini. Harus lebih meningkatkan sumber daya yang lebih efektif.

Selanjutnya, berbicara mengenai pelayanan yang baik pasti ada saja yang lebih memberikan pelayanan kepada seseorang dengan sangat baik apabila orang tersebut menyogok atau lebih berada dari pada orang yang kurang mampu. Kalau dari problematika seperti itu, sesungguhnya sangat miris sekali apabila difikirkan. Indonesia ini kan bukan hanya dimiliki oleh orang-orang pada daerah perkotaan yang mempunyai banyak uang, bukan hanya dimiliki oleh mereka yang berada tetapi dimiliki oleh semua orang-orang yang ada di Indonesia baik dari kalangan miskin atau yang tidak berada. Maka semuanya harus diperlakukan dengan adil bukan atas kepentingan pribadi saja.

Dalam dunia manajemen pelayanan publik di Indonesia, harus benar-benar melaksanakan maupun mengatur segala jenis pelayanan dengan benar-benar berkualitas agar kinerja yang dilakukan bisa nanti memberikan contoh yang baik bagi kalangan luar negeri, agar Negara yang lain juga tahu bahwa Negara Indonesia selain memiliki kekayaan sumber daya alam yang banyak dan baik juga memiliki kinerja-kinerja pelayanan yang berkualitas, efektif, efisien didalam Negara Indonesia. Dengan demikian, dapat membantu menggerakkan, membangkit nama Negara Indonesia agar lebih sukses kedepannya. Serta berbagai kerjasama yang dilakukan antara Negara kita Indonesia dengan Negara-negara luar dapat terjalin dengan baik yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Ohiya readers, kalau berbicara mengenai dunia politik di Indonesia menurut kalian gimana sih? Menarik nggak? Karena kebanyakan orang mengira dunia politik adalah dunia yang paling serius dan paling ketat, kalau menurut saya sih, menarik yaa. Memanag sih serius tetapi dibalik keseriusan itu ada hal-hal menarik atau hal unik juga because tidak semua pekerjaan itu serius paham nggak sih maksud ane. Salah satu contohnya nih Studi Banding atau Jalan-Jalan. Tentunya kegiatan ini dibiayai oleh Negara dan tujuan dari kegiatan ini yaitu dapat mempelajari apa saja yang membuat Negara Indonesia menjadi Negara yang sebelumnya tertinggal dapat bangkit atau maju lagi.

Ohiya guys, by the way saya sangat mengidolakan sekali seorang Menteri Kelautan dan Perikanan yang bernama Ibu Susi Pudjiastuti. Sumpah beliau itu sosok yang sangat waawww terbaik yakan, cara kinerja beliau itu loh membanggakan Indonesia. Makanya saya sangat senang, plus bangga Indonesia mempunyai salah satu menteri seperti beliau, inspirasi banget buat anak-anak muda. Selain beliau ada juga menteri-menteri yang lainnya. Dan kalau tidak salah beliau juga dianggap paling berprestasi oleh Negara berdasarkan survey Populi Center beliau menempati posisi pertama dengan persentase 37,9 persen. Adajuga saya ketahui dari dunia entertaint beliau meraih penghargaan di Indonesian Choice Awards 5.0 NET mengalahkan sederet artis papan atas lain dalam pemenang kategori Creative and Innovative Person. Tentunya, beliau pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Tingkatkan Ibu. Karena selama ini cara kinerjanya memang rapi sehingga dapat mengatur pelayanan publik dengan baik.

Okey readers, segitu saja artikel dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata, kalimat maupun tanda baca. Karena disini juga saya masih belajar . Semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat untuk kalian. Love you.

Terimakasih 


JALEHA JULIASTI SELANO
UNIVERSITAS ISLAM MALANG FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI, PRODI NEGARA
MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia dan Komunitas Blogger Indonesia.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.

Terima kasih untuk Komentar dan Testimoni dari Anda...
EmoticonEmoticon