Sistem Transaksi Online Transportasi Umum RIZALmedia (Ojek, Becak, Angkot)


RIZALmedia berencana membuat sistem transaksi online dengan sistem GPS untuk transportasi umum di sekitar wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Yang membedakan, RIZALmedia akan menggandeng paguyuban tukang ojek yang sudah ada, paguyuban tukang becak, serta paguyuban angkot yang sudah ada seperti K-1, angkutan Kepanjen-Gunung Kawi, atau Elsapek (L-300) Malang-Blitar.

Rencana ini sebagai solusi untuk perkembangan teknologi saat ini tanpa meninggalkan paguyuban transportasi umum yang sudah ada.

Arizal Firmansyah, pimpinan RIZALmedia menyampaikan rencana ini melalui facebooknya:

"Sebuah inovasi dari RIZALmedia segera... RIZALmedia sedang menggarap sistem transaksi transportasi online, namun sistem kami berbeda dengan yang lain.

Bila selama ini transportasi online menggunakan kendaraan pribadi, maka akan sy coba untuk bekerjasama dengan paguyuban transportasi massal, seperti paguyuban angkot plat kuning, paguyuban ojek, dan paguyuban tukang becak yang semuanya berada di area Kepanjen, sehingga bukan membuat perkumpulan baru, tapi saya akan coba memberdayakan para sopir yang sudah ada untuk dimasuki sistem GPS dan transaksi online.

Saya sedang berfikir sistem transaksi online ini betul-betul memberi keuntungan pada konsumen dan pengemudi. Bila berhasil maka akan saya buat yang lebih luas di area kabupaten Malang atau lebih meluas lagi. 

Mohon do'anya karena saya berfikir sistem termudah khususnya untuk bapak-bapak yang gak memiliki smartphone terintegrasi GPS, termasuk soal pembayaran konsumen dan penghasilan pengemudi yang fair tidak sampai merusak harga pasar transportasi massal.

Semua akan terintegrasi di satu aplikasi handphone atau layanan online website khusus yang dibangun RIZALmedia.

Semoga lancar... InsyaAllah... :)

- Arizal Firmansyah -
24 Maret 2016"

Karena Arizal ingin sistem transaksi online ini menjadi solusi bagi transportasi umum yang sudah ada, bukan membuat kelompok pesaing, maka dibutuhkan proses pendekatan yang tidak singkat dengan para sopir dan paguyuban transportasi massal yang sudah ada di wilayah Kepanjen, Malang ini.

"Sebelum saya rundingan resmi dengan paguyuban, saya harus rundingan secara pribadi dulu dengan beberapa sopir, tukang becak, dan tukang ojek, harus mendengar mereka juga, termasuk mendengar saran dari para calon penumpang yang sudah memiliki HP Android, termasuk bila perlu saya akan coba bicara secara pribadi dulu dengan pihak dishub maupun kepolisian, ya intinya ingin membuat solusi saja dengan perkembangan teknologi saat ini dan memudahkan calon penumpang," ungkap Arizal Firmansyah.

Berikut adalah sistem transaksi online transportasi umum buatan RIZALmedia :

Sistem Transaksi Online Transportasi Umum RIZALmedia (Ojek, Becak, Angkot)

TAHAP LOGIN
1. Pengguna membuka halaman web / aplikasi online "RIZALmedia" di HP Android / Komputer / Laptop.
2. Pengguna harus Login. Bila belum daftar, pengguna (pihak penumpang & pihak pengemudi) harus mendaftarkan diri / sign up untuk menggunakan layanan ini dengan foto asli, nama asli, alamat asli, dan scan ktp asli, demi perlindungan konsumen dan keamanan pengemudi, termasuk perhitungan jumlah transaksi dan data review rating kepuasan layanan konsumen. Saat menggunakan aplikasi online kami, pengguna harus menggunakan smartphone karena pancaran lokasi Anda dengan sistem GPS akan diambil dari smartphone Anda secara otomatis. Jadi, untuk pengemudi wajib harus membawa smartphone kemana pun berada.
TAHAP TENTUKAN LOKASI SEKARANG DAN TUJUAN
3. Setelah Login, bila Anda Calon Penumpang, Anda harus memilih Lokasi Sekarang (nama jalan sesuai di google map)
4. Calon Penumpang mengetik alamat detail lokasi sekarang termasuk penunjuk jalan yang jelas agar pengemudi dengan mudah menemukan alamat Anda.
5. Pilih lokasi tujuan (sesuai google map)
TAHAP PILIH LAYANAN
6. Pilih opsi layanan transportasi umum : a. Ojek, b. Becak, c. Angkot
7a. Untuk layanan Ojek, akan ada pilihan jenis kelamin Anda, untuk jenis kelamin laki-laki hanya boleh memilih pengemudi ojek laki-laki, untuk jenis kelamin perempuan bisa memilih pengemudi ojek sesama perempuan atau laki-laki.
7b. Untuk layanan Becak, akan langsung muncul halaman google map lengkap dengan GPS posisi becak terdekat di wilayah Anda dan yang sedang tidak berpenumpang.
7c. Untuk layanan Angkot akan langsung muncul halaman google map lengkap dengan GPS posisi angkot terdekat sekarang sedang dimana, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama kehadiran angkot di jalan terdekat di wilayah Anda, ketika jarak angkot yang anda tunggu sudah berjarak sekitar 500 meter dengan posisi Anda sesuai lokasi Anda sekarang maka akan ada pemberitahuan bahwa angkot telah dekat. Angkot yang Anda pesan akan ada stiker kami di bagian depan angkot tersebut. Setelah Anda turun (sampai di lokasi) klik "saya telah tiba" dan mohon beri rating layanan dari pengemudi yang telah mengantarkan Anda tadi.
8. Akan ada informasi tarif angkutan umum yang sedang Anda gunakan dalam hitungan jarak per meter. Tarif ojek dan becak dihitung per meternya dari lokasi anda ke lokasi tujuan. Tarif angkot dihitung jarak lokasi anda ke tujuan, akan disesuaikan standart tarif angkutan umum yang sudah ada sesuai jarak.
(Untuk Angkot layanan berhenti sampai di sini)
TAHAP PANGGIL PENGEMUDI
Dibawah ini langkah selanjutnya untuk pilihan Ojek dan Becak :
9. Anda tinggal klik/sentuh "panggil sekarang" untuk memanggil salah satu pengemudi.
10. Pengemudi terdekat yang sedang online semuanya akan mendapatkan pemberitahuan di HPnya bahwa ada calon penumpang yang membutuhkan Anda dengan tarif antar sekian rupiah. Salah satu pihak pengemudi bisa rundingan dengan beberapa pengemudi lain untuk siapa yang giliran mengantar penumpang, bila salah satu pengemudi telah mengklik/sentuh "saya datang" untuk kesanggupan sekarang juga mendatangi calon penumpang, maka pengemudi lain sudah tidak bisa mengklik tombol "saya datang".
11. Pengemudi akan langsung mendapatkan informasi mengenai data pribadi calon penumpang dan lokasi jelas calon penumpang dengan alamat detail termasuk petunjuk jalan yang jelas tadi.
12. Pengemudi terdekat yang sanggup datang sekarang akan langsung mengunjungi lokasi Anda.
13. Pengemudi datang ke lokasi Anda, bila pengemudi sudah ada di lokasi Anda, pengemudi harus mengklik/sentuh "saya sudah tiba".
14. Anda akan langsung mendapatkan pemberitahuan "pengemudi sudah datang". Anda bisa menuju ke luar rumah, atau cari di sekitar lokasi yang Anda ketik tadi. Semua ojek atau becak yang bekerjasama dengan kami akan ada tanda stiker kami di motor/becak mereka agar Anda mudah menemukan mereka.
15. Anda bisa tanya langsung "Dari RIZALmedia ya?"
16. Pengemudi menjawab "Iya betul, ini dengan pak/bu/mas/mbak "ini" ya?" (nama sesuai dengan data calon penumpang yang telah disampaikan di HP tadi).
TAHAP ANTAR KE LOKASI
17. Penumpang diantar oleh Pengemudi langsung ke lokasi.
18. Penumpang tiba di lokasi tujuan.
TAHAP PEMBAYARAN & BERI RATING
19. Pembayaran bisa secara langsung ke Pengemudi sesuai tarif yang telah tertera tadi, bisa juga melalui saldo yang telah dimiliki di akun kami (pengembangan sistem transaksi pembayaran online masih sedang kami kaji).
20. Penumpang klik "saya telah tiba" dan mohon beri rating layanan dari pengemudi yang telah mengantarkan Anda tadi atau sampaikan komentar kepuasan penumpang. Selesai. Setiap rating dan komentar kepuasan penumpang akan menjadi bahan review kami untuk memberi masukan terhadap pengemudi.

Semua layanan transaksi online "Transportasi Umum via RIZALmedia" ini tidak akan ada potongan tarif layanan. 100% pembayaran adalah hak pengemudi.

KEUNTUNGAN RIZALMEDIA

RIZALmedia akan mendapatkan keuntungan dari "BANNER SPONSOR" di halaman website online kami dan aplikasi kami, sehingga diharapkan ada banyak sponsor (donatur) yang bisa mendukung layanan kami ini, mengingat sistem kami tidak semata-mata untuk bisnis namun untuk membantu keberadaan angkutan umum (angkot plat kuning) yang sudah ada, termasuk paguyuban ojek yang sudah ada tanpa perlu atribut helm/jaket khusus hanya tempel stiker saja, termasuk membantu becak agar semakin mudah dipesan secara online.

PERKEMBANGAN PROYEK

Hingga saat ini proses pembangunan sistem masih pada tahap perencanaan, dan pembangunan awal halaman web beserta pembangunan sistem online dan transaksi serta database. Selama proses pembangunan kami juga akan terus berkonsultasi dengan banyak pihak yang bersedia mendukung proyek kami ini. Semoga dapat terealisasi. Amin.

Dukung dan hubungi kami :

RIZAL media
Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur (65163)
Hubungi kami silahkan klik : KONTAK (klik di sini)

RIZAL media, Inspirasi Masa Depan !
Share on Google Plus

Tentang RIZALmedia

RIZALmedia adalah Sebuah Usaha di bidang Komputer, Multimedia, Online Internet, Shooting Video, Fotografi, hingga Pendidikan yakni Kursus Private dan Pembinaan Masyarakat. RIZALmedia didirikan dan dikelola oleh Rey Arifin (Arizal Firmansyah).
Baca : Profil RIZALmedia dan Kontak dan Alamat RIZALmedia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

Terima kasih untuk Komentar dan Testimoni dari Anda...